Tuesday, February 15, 2011

Daftar Merek Susu Formula Hasil Penelitian BPOM terkait Bakteri E.Sakazakii

Daftar lengkap merek susu formula yang beredar di Indonesia yang telah diuji terhadap parameter E.Sakazakii oleh BPOM, hasil negatif berarti tidak mengandung Enterobacter Sakazakii.
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) secara rutin menguji dan meneliti sampel beberapa produk susu formula yang beredar di pasaran.

susu-formula.jpg

Pada 2009, misalnya, BPOM mengambil sebanyak 11 sampel susu formula dan pada 2010 mengambil sebanyak 99 sampel. Tahun 2011, hingga Februari ini, BPOM mengambil sebanyak 18 sampel.
Menurut Kepala BPOM Kustantinah, hasil pengujian terhadap sampel sejumlah produk tersebut menunjukkan tidak ditemukan adanya cemaran Enterobacter sakazakii. Pengumuman BPOM ini juga sekaligus membantah kabar yang sempat beredar bahwa beberapa merek susu mengandung Enterobacter sakazakii.
Berikut merek susu formula yang telah diuji terhadap parameter E.Sakazakii oleh BPOM. Mayoritas yang diteliti adalah susu untuk bayi 0-1 tahun. Tetapi bukan berarti susu yang tidak tercantum dalam daftar ini tidak aman untuk dikonsumsi.
Mereka yang beresiko terhadap infeksi bakteri E.Sakazakii di antaranya adalah bayi dengan sistem imun rendah seperti bayi neonatal (usia 7-28 hari) dan bayi yang lahir prematur. [Kompas]


http://www.pom.go.id/public/berita_aktual/data/hasiluji.pdf

Sumber Artikel http://inimu.com/berita/2011/02/11/daftar-merek-susu-formula-hasil-penelitian-bpom-terkait-bakteri-e-sakazakii/

No comments:

Post a Comment